Selamat Datang di assiry.kaligrafi-masjid.com , kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa yang lain, silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

assiry.kaligrafi-masjid.comadalah buah karya dari Muhammad Assiry Jasiri, seorang seniman dari kota Kudus. Sejak kecil, ia sudah terlihat bakatnya dalam bidang seni. Bakat tersebut semakin terasah seiring bertumbuh remaja di bawah bimbingan para guru kaligrafi ternama di Kudus. Kemudian ia hijrah ke Jakarta dan belajar ilmu seni rupa kepada kakak kandungnya, Rosidi. Kini, segudang prestasi kaligrafi telah ia raih baik di tingkat Nasional maupun di Asia tenggara (ASEAN). Sudah begitu banyak pula masjid/musholla, gedung, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik, serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

KUBAH ENAMEL YANG MEMPESONA HASIL KREASI ASSIRY ART



CV. Assiry Art, 5 November 2019



Kubah merupakan salah satu unsur arsitektur  yang selalu digunakan. Ia berbentuk seperti separuh bola, atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Terdapat juga bentuk 'kubah piring' (karena puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan 'kubah bawang' (karena hampir menyerupai bentuk bawang).

Biasanya kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Ia diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan menggunakan singgah kubah (pendentive).

Kubah merupakan salah satu ciri khas bangunan masjid. Meskipun tidak ada keharusan menggunakan kubah untuk bangunan masjid, namun seakan sudah menjadi satu kelaziman di kalangan umum bahwa membangun masjid harus dilengkapi dengan kubah. Di sisi lain, orang yang berada dalam perjalanan dan hendak ke masjid, biasanya menggunakan kubah sebagai acuan pencarian. Bangunan masjid berkubah memberikan dan memancarkan kesan megah dan indah. Selain itu kubah juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar dan reflektor cahayanya untuk menerangi bagian dalam masjid.

Kubah panel atau enamel adalah salah satu kubah alternatif yang saat ini lagi trend, disamping karena bentuk kotak atau belah ketupat yang menyusun bangunan kubahnya, kubah panel memiliki paduan motif warna yang sangat atraktif yang menambah nilai estetik dari kubah itu sendiri. Pada dasarnya, jenis bahan enamel yang digunakan sebagai pembuat kubah ini dibuat dari dua bahan yang berbeda yaitu kaca atau silica yang selanjutnya dileburkan dengan lempengan besi serta baja pada suhu yang cukup tinggi hingga berubah menjadi bubuk yang selanjutnya akan menggumpal menjadi satu hingga teksturnya berubah keras.

Dengan proses pembuatan bahan yang semacam ini, maka bahan ini kemudian dijadikan sebagai bahan pembuat kubah masjid. Penggunaan bahan ini ternyata memberikan kelebihan tersendiri atas kubah yang dihasilkan. Kelebihan kubah masjid enamel yang sangat terkenal ini menjadikan banyak pengurus masjid yang jatuh hati dengan kelebihan kubah masjid enamel ini. Bahkan, jika dibandingkan dengan bahan yang lain, penggunaan enamel ini jauh lebih baik dari bahan lainnya.

/>


Tips Membedakan Antara Kubah Enamel dengan Kubah Galvalum atau Atap Galvalum 

Ciri khas utama dari kubah enamel yaitu tahan terhadap korosi, sehingga sangat cocok dengan daerah pesisir pantai. Dan enamel coating merupakan cara yang paling hemat dan ekonomis untuk melindungi setiap produk yang terbuat dari bahan dasar logam dengan hasil yang sangat halus, mengkilap, dan tersedia dalam berbagai macam warna pilihan. Warna warna tersebut tidak akan mudah memudar dari sinar matahari. Coating enamel sangat tahan terhadap panas, hal ini dikarenakan dalam proses produksinya memerlukan suhu panas sekitar 800 derajat celcius. Panas tersebut amat sangat tidak memungkinkan, jika diaplikasikan pada kubah masjid dengan bahan dasar galvalum. Jadi untuk membuktikannya, yaitu dengan cara dibakar langsung diatas kompor. Apabila warna hitam (gosong) bekas dari pembakaran tersebut tidak bisa dibersihkan dengan kain, maka bahan tersebut merupakan bahan galvalum. Karena bahan galvalum hanya mampu menggunakan pengecatan dengan sistem powder coating atau sistem Airbrush. Sehingga ketahanan dari warna yang dihasilkan, hanya bertahan sekitar kurang lebih 5 tahun. Sedangkan warna dari coating enamel mendapatkan garansi resmi dari perusahaan ternama di Indonesia sekitar 15 tahun.

Coating enamel diproduksi secara industri pertama kali di Jerman pada tahun 1840. Cara yang diterapkan merupakan cara yang masih primitif, jika dibandingkan dengan metode sekarang. Dan sejak pada tahun 1930, semua enamel coating menerapkan metode sistem dua lapis, yang terdiri dari:
1.      Pertama, yaitu lapisan dasar yang digunakan untuk melindungi bahan logam dari karatan, biasanya berwarna hitam pekat.
2.      Dan top coat adalah lapisan warna yang dapat menyesuaikan dengan keinginan.
Pemilihan bahan plat baja low carbon (yaitu baja yang memiliki kandungan karbon kurang dari 0,005%) merupakan bahan baku yang tepat, karena dapat menghasilkan warna lebih cerah dan mengkilap.

Sejak pertama kali diproduksi, coating enamel biasanya digunakan untuk melapisi logam perhiasan seperti emas, perak, dan tembaga. Coating enamel juga kadang kadang dipakai oleh arsitektur untuk melapisi panel dinding luar agar terlihat lebih cerah dan tahan terhadap cuaca. Sedangkan produk coating enamel yang terdapat didalam ruangan yang sering kita temui di mall yaitu dinding eskalator.

Untuk pembuatan kubah masjid yang memprioritaskan seni arsitektur modern, biasanya lebih cenderung memilih kubah dengan sistem panel enamel. Dan teknik sistem pemasangan panel enamel tidak menerapkan penggunaan sistem paku drilling (mengingat teknik sistem paku drilling hanya mempunyai masa ketahanan sekitar ± 4 tahun, dikarenakan korosi yang menyebabkan paku mudah lepas). Kami disini akan membantu dengan segala sesuatunya untuk membuat kubah masjid yang eksklusif, elegan dan menawan, dengan warna yang relatif tahan lama dan tidak perlu perawatan secara khusus, sehingga akan menghemat biaya perawatan setiap tahunnya.


Kelebihan Kubah Masjid Enamel

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kubah masjid enamel yang menjadikan nilai plus adalah 
1.Jenis kubah yang dibuat dari enamel sangatlah ringan mengingat bahan pembuatnya yang seperti dijelaskan di atas. Dengan bahannya yang cukup ringan, menjadikan pemasangan kubah ini menjadi lebih cepat dan praktis.
2. Pada wilayah yang sering kali dilanda gempa bumi, maka jenis kubah dengan menggunakan bahan enamel ini akan jauh lebih baik dalam menahan goncangan sehingga tidak akan mengalami keretakan. Hal ini sangatlah berbeda dengan jenis bahan penyusun lainnya yang tidak tahan terhadap sebuah goncangan.
3. Bahkan, yang lebih hebatnya lagi, untuk kubah jenis ini juga anti rembes, sebab potensi keretakan atas kubah dari bahan enamel sangatlah kecil. Bahan semacam ini sangatlah berbeda dengan jenis bahan lain yang memiliki potensi rembes yang cukup besar.
4. Dari sekian banyak kelebihan kubah masjid enamel, bisa dikatakan bahwa kubah jenis ini memiliki warna yang sangat mencolok dengan tampilan warna yang beragam. Bahkan, dengan adanya keragaman warna ini menjadikan seorang customer bebas memilih pilihan mereka dan tentunya juga tahan lama hingga kurun waktu yang panjang.

Berikut adalah beberapa contoh gambar Kubah enamel by Assiry Art.



 Keunggulan lain dari CV. Assiry Art adalah:

1. Respon Cepat. Silahkan menghubungi kami via telepon di nomor 0857 1222 3822 dan kami akan segera merespon.
2. Tenaga Ahli. CV. Assiry Art terdiri atas tenaga-tenaga ahli yang sangat profesional dibidangnya. Mulai dari arsitek hingga kaligrafer nasional maupun internasional.
3. Garansi produk. Kami CV. Assiry Art selalu mengedepankan kualitas dan kenyamanan client sehingga kami memberikan garansi produk demi kenyamanan anda juga terjaganya kualitas.

Tunggu apalagi, silahkan jatuhkan pilihan anda pada CV AssiryArt dan anda tidak akan menyesal. Karena kepuasan anda adalah prioritas kami.


Close Menu