Selamat Datang di assiry.kaligrafi-masjid.com , kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa yang lain, silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

assiry.kaligrafi-masjid.comadalah buah karya dari Muhammad Assiry Jasiri, seorang seniman dari kota Kudus. Sejak kecil, ia sudah terlihat bakatnya dalam bidang seni. Bakat tersebut semakin terasah seiring bertumbuh remaja di bawah bimbingan para guru kaligrafi ternama di Kudus. Kemudian ia hijrah ke Jakarta dan belajar ilmu seni rupa kepada kakak kandungnya, Rosidi. Kini, segudang prestasi kaligrafi telah ia raih baik di tingkat Nasional maupun di Asia tenggara (ASEAN). Sudah begitu banyak pula masjid/musholla, gedung, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik, serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

UKIR KAYU GEBYOK KUDUSAN

Kota Kudus selain terkenal sebagai kota dengan ciri khas jenangnya, tapi juga terkenal karena Ukir Kudusannya. Ukiran khas Kudus atau Kudusan memiliki ciri 3 dimensi, kecil-kecil, rapi,berpola dan sangat kaya akan falsafah hidup. Ukir Kudusan ternyata amat terkenal di dunia seni ukir di Indonesia bahkan melebihi Ukir Jogjakarta,  Surakarta, serta seni ukir Jepara yang notabene terkenal sebagai kota ukir. Nah, apa sih perbedaan Ukir Kudusan dengan Jepara?dan mengapa Ukir Kudusan sangatlah tersohor dan bernilai tinggi?


Perbedaan antara ukir kudusan dan jepara adalah kalau ukir Kudusan lebih mendominasi di ornamen rumah. Ukirannya halus dan indah dengan hiasan bunga-bunga kecil 2 atau 3 dimensi. Ragam hiasnya antara lain pola kala atau gajah penunggu, motif ular Naga, motif buah nanas,rangkaian bunga melati, juga motif burung phoenix. Sedangkan ukir Jepara berkembang pada peralatan rumah tangga seperti Kursi,meja, tempat tidur, almari, dan lain sebagainya. Berbeda dengan ukir kudusan, Ukir Jepara berbentuk sulur dan berukuran besar.

Beberapa hal yg perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membeli produk furniture gebyok 
  • Ukuran ruangan / tembok yg menjadi tempat gebyok dipasang
    Untuk standarny gebyok memiliki tinggi 270.cm, serta lebar yg bervariasi antara 2 meter hingga 12 meter, Namun terkadang ada model rumah yang tidak bisa dirubah lagi bentuk dan ukuranya,  Jadi alangkah lebih bijak jika terlebih dahulu mengukurnya serta menyampaikan kepada kami untuk dibuatkan sesuai kebutuhan.

  • Ukuran Tiang / kusen berbeda – beda
    Gebyok dengan ukuran 2 meter memiliki dimensi tiang 12 x 10.cm sementara ukuran 3 meter yaitu 12 x 14.cm, lain juga dengan gebyok ukuran 4 meter yang menggunakan tiang sebesar 14 x 16 .cm.   hal ini terjadi selain karena faktor kekuatan kontruksi juga dari sisi estetika bukan hal lucu jika gebyok dengan ukuran 6 meter menggunakan tiang kecil 10 x 12.cm (sangat tidak seimbang) begitu pula sebaliknya,    jika ukuran 2 meter di kombinasi dengan tiang sebesar 14 x 16. cm akan terasa lucu (seperti kena kaki gajah ðŸ˜€ ).


  • Jenis kayu Menentukan kualitas % & harga
    Menurut survei independent yg saya lakukan,  Sekitar 98% gebyok kudusan menggunakan kayu jati sebagai bahan utama, Namun perlu anda ketahui bahwa Kayu jati memiliki banyak varietas dari yang bagus hingga buruk,   Jadi jangan terkecoh.  . . . jati TPK milik perhutani menjadi jenis yg paling baik terutama yg berasal dari Kota BLora  jawa tengah,  serta jati degnan kualitas paling rendah adalh jeni Kayu jati Rakyat/kampung,  serta untuk kualitas menengah adalah jati sulawesi ya tentu saja berasal dari sulawesi.Sebenarnya masi ada banyak lagi jenis2 kayu jati, tapi 3 jenis diatas sudah bisa menjadi patokan. . . selain itu anda akan merasa bingung jika saya mnjelaskanya.

Kami CV.Assiry Art tidak hanya mengerjakan proyek yang berhubungan dengan kaligrafi saja tapi juga menerima pesanan Ukir khas Kudus untuk beberapa tempat, misal penghias masjid, rumah, Musholla, resto,dan lain-lain. Kami mempunyai tim profesional khusus yang menangani pesanan ukir kudusan. Jadi jangan ragu lagi untuk mempercayakan pada kami.

CV. Assiry art, 05 November 2019

Close Menu